Cara Asyik Agar Berat Badan Cepat Turun

Bookmark and Share

Untuk menurunkan berat badan, orang rela melakukan berbagai cara termasuk diet ketat yang menyiksa diri. Namun tanpa harus bersusah payah, sebenarnya ada cara asyik untuk memacu metabolisme dan membuat berat badan cepat turun.


Rahasia berat badan cepat turun adalah kinerja metabolisme yang baik. Metabolisme merupakan tingkat di mana tubuh membakar makanan yang dikonsumsi. Beberapa peneliti bahkan berpendapat bahwa metabolisme yang baik mengalahkan setiap rezim diet.

Berikut adalah cara asyik dan mudah untuk mempercepat tingkat metabolisme dalam tubuh Anda, seperti dilansir Indiatimes, Jumat (7/12/2012):

1. Tertawa
Para peneliti mengatakan tertawa riang 100 kali setara dengan pengeluaran energi sampai 10 menit pada mesin dayung atau 15 menit dengan bersepeda.

Tertawa dapat mengurangi hormon stres, yang pada gilirannya membantu meningkatkan sistem metabolisme seseorang. Hal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah antibodi yang memproduksi sel T.

2. Mandi air dingin
Mandi air dingin ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme. Suhu air yang rendah dapat menyebabkan tubuh menggigil, yang dapat meningkatkan metabolisme karena adanya kontraksi otot.

Saat dingin, tubuh akan mencoba kembali ke temperatur normal, melakukan pemanasan dan dengan demikian mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, melepaskan lebih banyak sel darah putih.

Mandi dingin juga bekerja sangat baik dengan sistem getah bening, membawa cairan naik melalui tubuh. Cara ini juga meningkatkan kerja sistem sirkulasi.

3. Makan nanas
Nanas mengandung bromelain, yang secara langsung berdampak pada sistem pencernaan dengan membantu penyerapan nutrisi. Bromelain dalam buah juga membantu sel-sel pankreas memecah zat makanan, sehingga dapat mempercepat metabolisme.

4. Minum teh hijau
Studi menunjukkan bahwa catechin yang ditemukan dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi indeks massa tubuh. Teh hijau juga dikenal dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat).

5. Makan rempah-rempah
Cabai dikatakan dapat meningkatkan kinerja metabolisme. Studi mengatakan bahwa capsaicin yang dihasilkan oleh makanan pedas mengoksidasi lapisan lemak. Makanan pedas meningkatkan denyut jantung, menghasilkan lebih banyak energi, sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.

http://health.detik.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar