KTI Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Martha Friska Medan Tahun 2010

Bookmark and Share
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Banyak orang masih menganggap penyakit Diabetes Mellitus merupakan penyakit orang tua atau penyakit yang timbul karena faktor keturunan. Pada hal, orang dapat mengidap Diabetes Mellitus, baiuk tua maupun muda.
Laporan statistik dari Internasional Diabetes Federation (IDF) menyebutkan, bahwa sekarang sudah ada sekitar 230 juta penderita Diabetes Mellitus. Angka ini terus bertambah hingga 3 persen atau sekitar 7 juta orang setiap tahunnya. Dengan demikian, jumlah penderita Diabetes Mellitus diperkirakan akan mencapai 350 juta pada tahun 2025 dan setengah dari angka tersebut berada di Asia terutama India, Cina, Pakistan dan Indonesia (Hans Tandra, 2008).
Menurut data badan kesehatan dunia (WHO) Indonesia menempati urutan ke empat dalam jumlah penderita Diabetes Mellitus di dunia. Pada tahun 2000 yang lalu saja terdapat sekitar 5,6 juta penduduk Indonesia yang mengidap Diabetes Mellitus. (dr.Nabyl, 2009).
Pada tahun 2009 diperkirakan jumlah penderita Diabetes Mellitus di Indonesia meningkat tajam menjadi 14 juta orang, dimana baru 50 persen yang sadar mengidapnya dan diantara mereka baru sekitar 30 persen yang datang berobat secara teratur.
Survei Dinas Kesehatan Kota Medan sejak September sampai dengan Oktober 2009 penyakit Diabetes Mellitus merupakan penyakit dengan penderita terbanyak dan menempati urutan pertama diatas Jantung Koroner. (www.Online, 2009)
Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti di Rumah Sakit Martha Friska Medan pada tanggal 29 Januari 2010, tercatat pada tahun 2008 terdapat 217 orang penderita Diabetes Mellitus, sedangkan di akhir 2009 yang lalu terdapat 30 orang penderita penyakit Diabetes Mellitus.
Berdasarkan hal tersebut dengan berbagai kejadian dari penyakit Diabetes Mellitus, maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang ” Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Martha Friska Medan”.

1.2  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Martha Friska Medan Tahun 2010

1.3  Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Untuk mengetahui Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Martha Friska Medan Tahun 2010

1.3.2   Tujuan Khusus
1.      Untuk mengetahui Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus berdasarkan usia
2.      Untuk mengetahui Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus berdasarkan pekerjaan
3.      Untuk mengetahui Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus berdasarkan tingkat obesitas
4.      Untuk mengetahui Faktor Risiko Pada Diabetes Mellitus berdasarkan gaya hidup

1.4  Manfaat Penelitian
1.4.1        Bagi Peneliti
Menambah wawasan dan pengetahuan peneliti sebagai penyelesaian tugas akhir program D-III Keperawatan
1.4.2        Bagi Instansi Kesehatan
Sebagai masukan penanganan Diabetes Mellitus di Rumah Sakit Martha Friska Medan
1.4.3        Bagi Institusi Kesehatan
Dapat dijadikan sebagai upaya menambah kelengkapan kepustakaan
1.4.4        Bagi Mahasiswa
Dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar