Asal Usul Rayap

Bookmark and Share
Salah satu masalah yang sering ditemukan dalam rumah adalah pest rayap. Walaupun bentuknya kecil, rayap dapat menghancurkan sebuah gedung sekalipun. Hal ini disebabkan karena kayu yang biasanya dijadikan pondasi rumah habis digerogoti hingga keropos dan hanya tertinggal kulit kayunya saja. Rayap sering kali sulit diberantas. Mereka hidup dalam komunitas besar dan senang berada di tempat yang lembab dan gelap, seperti gudang atau loteng yang terkena bocoran air. Sayangnya banyak daerah di Indonesia yang memiliki suhu yang hangat dengan kelembaban tinggi. Maka diperlukan perhatian extra keras untuk memberantas pest rayap dari rumah dengan pest control.

Satu hal yang perlu diingat, saat musim hujan tiba biasanya rumah akan didatangi banyak laron yang mengerubungi lampu. Berhati-hatilah dengan laron ini, karena laron akan bermetamorfosis menjadi rayap yang kemudian menyusup ke dalam rumah. Rayap mudah dideteksi keberadaannya. Biasanya kita akan menemukan tumpukan serbuk kayu yang halus jatuh ke lantai. Bila dibersihkan, serbuk kayu ini akan ada lagi. Kadang, kita dapat mendengar suara-suara di bangunan rumah yang terbuat dari kayu. Pada dasarnya, rayap senang hidup di tempat yang terdapat celah. Kemungkinan timbulnya rayap akan semakin besar bila banyak kayu yang tertimbun di dalam tanah saat pembangunan, terdapat celah pada pondasi, sistem ventilasi yang kurang baik, atau kayu yang berhubungan langsung dengan tanah.

Rayap dapat menembus tembok dan memakan apa saja mulai dari buku, rak, lemari dan lain-lain, sebagai umpan rayap. Untuk itu, terdapat dua cara untuk mengatasi rayap yaitu di tahap pra konstruksi dengan alat anti rayap dan pasca konstruksi dengan umpan anti rayap, yaitu sejak pembangunan pondasi rumah, pilihlah kayu yang berkualitas seperti kayu jati atau merbau karena memiliki bau anti rayap yang menyengat sehingga tidak disenangi rayap, maka kemungkinan timbulnya rayap relatif lebih kecil atau pest control. Cara yang lain adalah dengan menyemprotkan bahan kimia anti rayap ke lapisan tanah pondasi rumah sebelum rumah dibangun untuk mencegah rayap menyusup masuk ke bangunan, menyemprotkan alat anti rayap ke seluruh lantai bangunan atau menyemprotnya langsung ke permukaan kayu.

Sedangkan pada tahap pasca konstruksi, dapat dilakukan dengan memasukkan obat umpan anti rayap dan pembasmi rayap ke dalam tanah sepanjang pondasi bangunan atau menyemprotkan obat umpan rayap tersebut langsung ke permukaan kayu. Tak ada salahnya memanggil tenaga ahli untuk membasmi rayap dari rumah, mengingat betapa ‘hebatnya’ mahluk kecil ini. Rayap hilang, rumah dan barang-barang anda pun terselamatkan.

http://www.papanbuletin.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Anti Rayap - Alat Anti Rayap - Umpan Anti Rayap - Pest Control - Umpan Rayap - Pest dan Anti Rayap & Alat Anti Rayap – Umpan Anti Rayap & Pest Control Depok Jawa Barat di 88db.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar